30 Bisnis Sampingan yang Bisa Dilakukan di Rumah

bisnis_sampingan_ibu_rumah_tangga 30 Bisnis Sampingan yang Bisa Dilakukan di RumahREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika anda adalah salah satu orang yang bekerja paruh waktu, anda tentunya membutuhkan beberapa uang tambahan.

Sekarang ini, menjaga kepercayaan konsumen menjadi kunci keberhasilan bisnis seseorang. Setidaknya ada 30 bisnis sampingan yang bisa memberimu pendapatan lebih. Apa itu? Berikut dilansir dari the Guardian, Ahad (21/4).

 

1. Menjual barang antik

Rumah anda bisa dijadikan tempat anda menaruh berbagai barang antik yang bisa anda jual kembali, Situs perdagangan seperti eBay membuat anda lebih mudah untuk mendistribusikannya dan mendapatkan sejumlah pelanggan.

 

2. Babysitting

Jika anda bisa meluangkan beberapa waktu luang, maka rumah anda bisa menjadi tempat penitipan dan perawatan bayi atau babysitting. Anda bisa bertindak sebagai babysitter.

 

3. Membuka kos

Rumah anda mempunyai beberapa kamar cadangan? Anda bisa memanfaatkannya dengan cara membuka kos-kosan. Apalagi jika rumah anda berdekatan dengan kampus mahasiswa atau lokasi yang menarik banyak wisatawan.

 

4. Membuat kue

Berbisnis kue, biskuit, atau gula-gula bisa menghasilkan sejumlah uang besar. Makanan-makanan yang anda buat bisa dijual melalui online di jejaring sosial dan menerima pemesanan, atau dititipkan ke toko dan warung terdekat.

 

5. Membuat kue ulang tahun

Kue tart memiliki pasar yang luas. Jika anda mempunyai selera artistik yang tinggi dan kreatif, maka anda bisa membuat beberapa kue tart cantik yang bisa dipesan pelanggan untuk perayaan ulang tahun atau pesta tertentu.

 

6. Boot penjualan mobil

Jika anda mempunyai halaman cukup luas, tak ada salahnya berbisnis mobil bekas. Saat ini banyak orang yang untung karena berjual beli mobil bekas.

 

7. Bisnis cuci mobil atau parkir

Ini juga masih memanfaatkan halaman rumah anda yang luas. Bisnis cuci mobil tidak akan pernah mati seiring kian meningkatkan penjualan mobil di negara ini. Demikian juga bisnis parkir mobil, apalagi jika lokasi rumah anda berdekatan dengan kompleks perkantoran atau pusat perbelanjaan besar.

 

8. Katering

Bisnis katering sepenuhnya bergantung pada kemampuan anda mengolah makanan dengan baik dan harga yang kompetitif. Namun, untuk berbisnis ini anda sebaiknya harus mendapatkan sertifikasi kesehatan dulu supaya pelanggan anda semakin yakin dan banyak.

 

9. Petugas sensus

Setiap tahunnya, negara ini melakukan sensus. Nah, anda bisa menjadikan rumah anda sebagai pusat informasi dan perwakilan untuk sensus di wilayah anda.

 

10. Tempat penitipan anak

Penitipan anak yang dimaksud dikhususkan bagi wanita-wanita pekerja yang harus bekerja namun tak bisa membawa serta anak-anaknya ke tempat kerja. Biasanya, tempat penitipan anak ini berada di sekitar pusat perkantoran tempat si wanita bekerja.

11. Bengkel komputer

Meskipun perkembangan teknologi semakin meluas di kehidupan kita, banyak orang masih menggunakan komputer atau laptop untuk melakukan pekerjaannya. Jika anda menguasai bidang IT, maka anda bisa membuka rumah anda laiknya bengkel komputer dan menerima servis sejenis.

 

12. Menjual kosmetik

Bisnis komestik kini menjadi bagian dari bisnis sosial yang penting dan berprospek. Jika anda mempunyai jaringan pergaulan luas maka anda bisa memanfaatkannya sebagai pembeli produk anda.

13. Menerima data entri

Ini mungkin pekerjaan paling mendebarkan untuk dikerjakan paruh waktu. Menerima jasa data entri data bisa menawarkan sumber penghasilan yang stabil dan fleksibel. Anda tinggal memanfaatkan kemampuan statistik sederhana anda.

 

14. Mempersiapkan makan malam

Di tengah dunia kerja yang super sibuk, malam hari adalah masa paling melelahkan bagi pekerja-pekerja di perkotaan. Sewaktu pulang pun, mereka tak sempat menyiapkan makan malam. Anda bisa menjadi koki khusus makan malam di rumah seorang yang anda kenal. Anda bisa memasak, mencuci piring, dan mendapatkan uang tunai dari jasa yang telah anda berikan.

 

15. Bisnis kembang

Jika anda mempunyai bakat bercocok tanam, khususnya bunga, maka anda bisa menjadikan rumah anda ladang bisnis sekaligus menjadikan rumah anda indah dengan kehadiran berbagai jenis tanaman berwarna-warni ini. Berbisnis kembang termasuk menjanjikan, anda cukup menyebarkan kartu nama anda dan menyiapkan mobil khusus untuk pengiriman pesanan bunga dalam jumlah banyak.

 

16. Menjadi DJ

Bekerja dimalam hari bisa memberikan anda sedikit efisiensi waktu disiang hari. Anda pun tak mudah merasakan lelah. DJ itu profesi yang relatif mudah untuk dipelajari selama anda mempunyai pengetahuan dan preferensi musik yang tinggi. Anda bisa mengaransemen music DJ dan menjualnya kepada pihak yang membutuhkan.

 

17. Konsultasi online

Bisnis konsultas online memang membutuhkan kesiapan lumayan panjang. Anda bisa mengikuti jejak jasmine Birtles, pendiri situs HYPERLINK “http://moneymagpie.com”moneymagpie.com yang bisa menghasilkan uang 12-15 poundsterling per jam di Inggris. Bisnis ini hanya membutuhkan selera kreatif anda laiknya seorang blogger.

 

18. Garage sale

Membuka garage sale cukup menguntungkan selama anda mempunyai jaringan informasi yang luas. Garage sale bisa misalnya dengan cara membuka penjualan satu hari baju-baju bekas, sepatu bekas, atau aksesoris bekas.

 

19. Berkebun

Berkebun di sini bisa dengan cara bertanam sayur atau buah di belakang rumah anda, jika anda memiliki halaman belakang yang luas. Sederhananya, banyak orang saat ini mencari sayuran dan buah segar yang langsung dipetik dari kebunnya. Sehingga, mereka bisa mendapatkan produk segar setiap harinya.

 

20. Membuat kartu ucapan

Jika anda adalah tipe orang yang suka membuat kerajinan tangan, maka tak ada salahnya anda membuat berbagai macam kartu ucapan selamat. Misalnya untuk selamat ulang tahun, atau selamat pernikahan.

 

21. Tukang reparasi

Apakah anda ahli menggunakan semua alat di kotak peralatan mekanik? Berarti anda bisa dibilang Tuan Segala Tahu. Ini bisa membuat anda membuka peluang layanan perbaikan peralatan rumah tangga yang kecil-kecil. Misalnya memperbaiki keran, furnitur, memasang rak, atau perakitan.

 

22. Guru les

Ini adalah cara bagus untuk membuat anda bekerja di rumah. Anda bisa menerima beberapa murid untuk datang ke rumah anda dan mengajarkan mereka mata ajaran yang mereka inginkan. Misalnya Matematika, Bahasa Inggris, atau Seni, seperti les vokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *