Cara menemukan ide usaha

ide_gila Cara menemukan ide usaha

Cara menemukan ide usaha merupakan aksi pertama memulai usaha. Bila niat sudah bulat, ide usaha bukanlah wahyu yang harus kita tunggu dari langit.
Kita bisa mencari ide usaha dari mana saja. Bisa dari menengok potensi diri sendiri, mencermati lingkungan, bisa juga meniru usaha bisnis yang sudah ada.
Ide usaha dapat diperoleh dari dari hal-hal sederhana yang berada di sekitar kita, antara lain :

1. Mengenali potensi diri sendiri
Silakan anda kenali potensi diri sendiri. Temukan sesuatu yang anda senangi (hobi), ketrampilan dan kemampuan, jaringan relasi, latar belakang pendidikan yang anda miliki. Pastinya potensi diri sendiri yang bisa anda wujudkan menjadi usaha bisnis yang menguntungkan.

Misalkan, anda mempunyai latar belakang pendidikan jurusan Ekonomi Akuntansi, yang saat ini atau pernah bekerja di Bagian Perpajakan di suatu Perusahaan, tidak ada salahnya anda menangkap peluang usaha sebagai Konsultan Pajak skala kecil.

Pangsa pasar yang tersedia sangat menggiurkan, mengingat saat ini banyak orang yang mendapat Surat Penetapan dari Kantor Pelayanan Pajak sebagai wajib pajak, dan setiap wajib pajak diwajibkan oleh Undang-undang untuk melaporkan penghasilannya.
Sebagaimana diketahui, sebagian besar dari mereka masih awam tentang perpajakan.

Contoh lain, anda seorang karyawan Perusahaan Jasa Konstruksi yang sering berhubungan dengan para Pemasok Material dan Mandor Pekerja Borong. Anda dapat mengoptimalkan pengalaman dan relasi anda untuk mendirikan usaha Kontraktor skala kecil, yang melayani pembangunan atau renovasi rumah di sekitar anda.

2. Mengenali kebutuhan lingkungan terdekat
Ide usaha bisa digali dari mengetahui kebutuhan anda sendiri.
Misalkan : beras, pulsa telpon, listrik prabayar, susu instan, air mineral, LPG, laundry, antar jemput anak sekolah, cuci motor/mobil,baju anak, salon kecantikan, dan sebagainya.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut di atas merupakan peluang usaha yang dapat dimulai dengan skala kecil (lingkungan rumah tinggal anda), serta tidak memerlukan modal yang besar.

3. Memetik ide bisnis dari media massa
Informasi yang disajikan media massa dapat dijadikan ide usaha, misalkan informasi tentang kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik. Anda dapat menangkap peluang usaha dengan berjualan produk-produk hemat energi.

4. Mengetik kata kunci “ide usaha” di Google
Di saat era informasi sekarang ini, segala informasi begitu mudah didapat melalui internet. Anda cukup mengetik kata kunci “ide usaha” di mesin pencari Google, dan dalam waktu sekian detik sudah tersaji ribuan ide usaha. Tinggal pilih jenis usaha yang menginspirasi anda, pastinya disesuaikan dengan kompetensi anda.

Well, begitu mudah cara menemukan ide usaha.  Bikin usaha sendiri, yuk !!

Sumber : http://www.stokjogja.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *