fbpx

Libatkan Warga Sekitar untuk Berkreasi

Avitia Nurmatari – detikBandung

kain-perca-boneka Libatkan Warga Sekitar untuk BerkreasiBandung – Usaha pingkan membuat karya dari kain perca tidak semua terlahir dari kedua tangannya. Ia juga mengajak serta warga sekitar untuk berkarya. Ada sekitar 40 orang yang terlibat di Favorita Perca, namun sebagian dari mereka pekerja sambilan. Untuk pekerja tetap hanya ada 20 orang.

“Mereka kan kebayakan petani. Kalau panen mereka ya di sawah, kalau tidak mereka baru ke sini lagi,” terang Pingkan saat berbincang dengan detikbandung.

Pingkan mengaku kesulitan untuk memasarkan produknya karena tidak punya keahlian pemasaran. “Jujur saya bisa bikin, tapi enggak bisa jual, jadi paling teman-teman saya yang bawa. Kalau main ke rumah, mereka bawa. Jadi barang saya ini tahunya dari mulut ke mulut, atau pameran,” terangnya.

Keahlian Pingkan dalam membuat karyanya ternyata tidak belajar dari kursus, ia belajar dari buku. “Belajar dari buku, saya suka sekali membaca,” ungkapnya. Untuk membuat produk dari kain perca ini, tak hanya keterampilan, tapi dibutuhkan kesabaran.

“Saya pikir semua orang bisa membuat karya seperti ini. Tapi ternyata tidak semua orang bisa sabar,” katanya sambil tertawa.
(avi/ern)

 

Sumber dikutip dari : http://bandung.detik.com/read/2010/06/29/113953/1389088/669/libatkan-warga-sekitar-untuk-berkreasi

Comments are closed.