Perbedaan antara AGEN, RESELLER & DROPSHIPPER

agen_reseler-300x150 Perbedaan antara AGEN, RESELLER & DROPSHIPPER

#TipsBisnis : Banyak bgtt yg belum mengerti perbedaan antara AGEN, RESELLER & DROPSHIPPER dan masih mencampur adukkan ketiga istilah tsb.. kita bahas ya :

 

1. AGENadalah MENJUAL BARANG dari DISTRIBUTOR ke retail. terkadang agen juga bisa bersifat sbg perantara antara distributor dan retailer.. pendapatan agen adalah komisi penjualan dari distributor atau selislh harga jual dari harga retailer

 

2. RESELLER / DROPSHIPPERpada dasarnya RESELLER itu bisa juga disebut sbg AGEN. dari istilah katanya RE = mengulang dan Sell = menjual yang dapat diartikan menjadi Menjual Kembali, dan -er yang memiliki arti perlakunya. Nah dari mengartikan kata-kata itu saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa RESELLER berarti orang / pelaku yang menjual kembali dengan adanya produk fisik di tangan agen tersebut.

 

DROPSHIPPER adalah agen yang menjual kembali produk suppliernya dengan TIDAK memiliki produk suppliernya tersebut. Jadi Dropshipper hanyalah agen yang menjual informasi dari suatu produk. TIDAK MELAKUKAN stok barang (brg tdk dibeli oleh Dropshipper)

 

Dapat kita lihat perbedaan yang cukup mendasar dari hal ini, jika Reseller menjual kembali dengan memiliki produknya, Dropshipper hanya menjual informasi dari produk tersebut. Jadi kita dapat mengatakan pula bahwa dengan menjadi seorang dropshipper, kita dapat menjadi pelaku bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjual produk supplier kita.

 

Semoga bermanfaat

 

Sumber : Grup FB : Ikatan Entrepreneur Cimahi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *