Personal Branding : Pebisnis bukan Pesinis

personal_brandingSeorang pebisnis seharusnya peduli dengan #personalbranding dirinya. Ia tak boleh asal mengumbar ekspresi, misal di media sosial yang bisa punya efek viral demikian dahsyat. Apalagi ekspresi kita bersifat negatif, berlebihan dan tak terkendali.

Pebisnis sejati harus paham, bahwa di masa depan dia bisa bekerja sama dengan siapa saja… Bisa jadi orang / kelompok yang dia “siniskan” hari ini, apalagi sampai sampai “membully”, adalah orang yang sama yang akan mereka butuhkan di masa depan.

Posisi tawar seseorang itu fluktuatif, katena memang Allah swt sudah menakdirkan seperti itu. Sekarang bisa jadi kita berada di atas, berada pada level permintaan tertinggi dari klien / konsumen / vendor. Namun kita harus ingat, belum tentu posisi itu masih sama di masa depan.

Bisa jadi pada suatu saat, posisi tawar kita demikian rendahnya, saking rendahnya seakan kita “harus semi mengemis” order/proyek/lainnya. Jika #personalbranding kita bermasalah dan orang tak simpatik, tentu “malas” bekerja sama dengan kita…

Jadi…. Kendalikan bahasa verbal kita! Baik bahasa tulisan atau bahasa lisan…. Jangan cari musuh, perbanyak teman… Sebab buat para pebisnis, setiap orang berpeluang menjadi mitra, apa pun posisinya…

Hendro Tri Rachmadi
Solusi Komunikasi Visual Bisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *